Senin, 20 November 2017

Solusi Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Yatop Di

Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Dengan Cara Tradisional Menggunakan Pupuk Yatop


1. Bagaimana memelihara udang vaname tidak terkena penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu paling utama, pertama yang harus di sterilkan yakni media air terlebih dulu. Taburlah Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dicampur air, lakukan penaburan dengan rata. Tujuannya agar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan cepat.


Usahakan ditiap 1 minggu sekali di tabur yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga ekosistem di wilayah tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, gesit dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali adalah hal yang harus, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar antara 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang kurang di area tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya enggan untuk mengeceknya. Kebanyakan Petani kita pengen instan. Penyebab udang tidak moulting karena kondisi kulit udang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat yatop itu perih kalau terkena luka, rasa perihnya tersebut dalam hitungan detik atau menit, jika terkena kulit udang maka hasilnya udang akan cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?



Udang stress/teller karena banyak faktor, seperti misalnya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya adalah kalau tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke atas berwarna putih. Jika udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya dengan cara menaburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka tebarkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar secara terus menerus setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress kembali.


4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan hingga 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai kota di Indonesia. Keunggulannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut akan terasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Makanya kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak alangkah baiknya ditabur pupuk yatop terlebih dahulu jika sudah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal ini telah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi pupuk yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka hasilnya udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan bertahan, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusinya Taburkan Pupuk yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang sudah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang