Jumat, 15 September 2017

Tips Budidaya Udang {Vaneme|Vanamei Dengan Cara Intensif Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072608_13.jpg

1.Bagaimana merawat udang vaname tidak terserang penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu paling utama, pertama yang harus di sterilkan adalah Air terlebih dahulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, lakukan penaburan dengan rata. Tujuannya agar air tidak tercampur bakteri, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat serta kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan nyaman saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan cepat. Usahakan setiap 1 pekan sekali di tabur yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali merupakan hal yang harus, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan pupuk yatop dalam 1 hektar adalah 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun jika udang sulit moulting pasti ada hal yang salah di dalam tambak. Masalahnya ini harus dicari. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang susah bahkan pembudidaya enggan untuk mengeceknya. Kebanyakan Petani kita pengen hasil instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu sedikit perih kalau kena luka, perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, jika terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang stress/teller

karena banyak penyebab, misalkan adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Ciri-cirinya adalah kalau tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya adalah taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun juga maka taburkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penebaran pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi ada banyak mikroba yg berguna untuk tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tadi berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Oleh karena itu kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke tambak lebih baik ditabur yatop terlebih dahulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur pupuk yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus sebagai sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat peristiwa seperti itu maka solusinya Taburkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan yatop ketika dipanen dagingnya sudah terbebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpgUntuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan